Foster The People


Biografi


PERSONAL
Foster the People merupakan band indie pop asal Amerika yang dibentuk di Los Angeles, California pada tahun 2009. Band ini beranggotakan Mark Foster (vokal, keyboard, piano, synthesizer, gitar, programming, perkusi), Cubbie Fink (bass dan penyanyi latar), dan Mark Pontius (drum dan extra perkusi).

Mark Foster mendirikan band ini pada tahun 2009 setelah menghabiskan bertahun-tahunnya di Los Angeles sebagai musisi yang penuh perjuangan, dan bekerja sebagai penulis jingle iklan. Dalam band ini pun, Foster menjadi penulis lagu utama. Mark Foster pada awalnya menamai grup band ini Foster & the People, namun karena kebanyakan orang salah dengar, sehingga band ini lebih dikenal dengan nama Foster the People.

KARIR
Foster menulis lagu Pumped Up Kicks yang menjadikan grup band ini sukses di penghujung tahun 2010. Setelah suksesnya lagu tersebut, Foster the People kemudian menandatangani kontrak dengan Columbia Records. Mereka kemudia merilis album perdana, TORCHES pada tanggal 23 Mei 2011.

Rilis album pertama mereka ini membawa single Pumped Up Kicks menjadi hit di radio-radio pada pertengahan tahun 2011. Selain itu, single ini juga menduduki urutan pertama dalam Billboard's Alternative Songs chart, urutan ketiga dalam Rock Songs chart, serta urutan ketiga juga dalam Billboard Hot 100.

Sebelum merilis album pertama mereka, Foster the People sempat merilis extended plays (EP)/mini album yang bertajuk FOSTER THE PEOPLE pada tanggal 18 Januari 2011. Sampai sejauh ini, sudah ada tiga single dan lima video klip yang dirilis oleh grup band ini.

Dari prestasi band ini, mereka masuk dalam beberapa nominasi penerima penghargaan, seperti pada ajang MTV Video Music Awards 2011, di mana mereka masuk dalam dua nominasi, Best New Artist dan Best Rock Video untuk video klip Pumped Up Kicks.

Masih di tahun yang sama, Foster the People juga masuk nominasi dalam ajang Q Awards untuk dua kategori, Best New Act dan Best Track. Dan di tahun 2011 ini juga, mereka memenangkan penghargaan dari ajang SharkOne Awards untuk nominasi New Artist of the Year.

Sedangkan untuk tahun 2012, grup ini masuk nominasi dalam dua kategori di ajang 54th Grammy Awards, sebagai Best Pop Duo/Group Performance dan Best Alternative Album.

Foster the People menggelar konsernya di Indonesia, di Tennis Indoor Senayan, Jakarta pada tanggal 11 Januari 2012. Dipromotori oleh 3 Ocean Live, tiket konser kali ini dibagi dalam 3 kelas dengan bandrol, harga nomal Rp380 ribu untuk festival, Tribun Rp690 ribu, VIP Rp979 ribu.

DISKOGRAFI
Album

TORCHES (2011)

Mini album/Extended Plays (EP)
FOSTER THE PEOPLE (2011)

Single
Pumped Up Kicks (2011)
Call It What You Want (2011)
Don't Stop (Color on the Walls) (2012)


Video klip
Pumped Up Kicks (2011)
Helena Beat (2011)
Call It What You Want (2011)
Don't Stop (Color on the Walls) (2011)
Houdini (2011)